Program Koreksi Soal Pilihan Ganda Multi Kunci


Kebijakan Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional, dalam rangka mengurangi tingkat kecurangan pelaksanaan Ujian Nasional, adalah dengan membuat 20 paket soal yang berbeda dalam 1 ruang ujian. Dengan adanya 20 paket soal yang berbeda ini, kecurangan dalam bentuk kerja sama saling memberi tahu jawaban antar siswa peserta ujian dalam satu ruangan dapat diminimalkan. Penggunaan bocoran jawaban pun juga dapat dikurangi, karena setiap siswa akan mendapat soal yang berbeda dengan kunci jawaban yang berbeda pula, kecuali kalau punya kunci jawaban untuk semua paket soal, itupun sangat menyulitkan.
Untuk mempersiapkan mental peserta Ujian Nasional, MKKS SMP Kabupaten Kendal, mengambil langkah untuk melaksanakan latihan ujian / try out ke 3 dengan 20 paket soal yang berbeda untuk semua mata pelajaran yang di ujian nasionalkan. Pelaksanaan try out ke 3 direncanakan mulai hari Rabu 13 Maret 2013 sampai hari Sabtu 16 Maret 2013. Dengan adanya try out dengan soal yang di disain mirip dengan ujian nasioanal yang sebenarnya, siswa menjadi siap jika kelak saat ujian nasional menerima soal yang berbeda dengan teman lain dalam ruangan yang sama.
Try out dengan 20 paket soal merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional yang berbeda dari tahun sebelumnya. Permasalahan baru timbul dari para guru yang akan melakukan koreksi lembar jawab siswa. Koreksi lembar jawab pilihan ganda yang lazim dilakukan adalah dengan:
  1. Lembar jawab yang dilobangi pada jawaban yang benar, atau
  2. Menggunakan plastik transparan yang di lingkari atau di kotaki pada tempat jawaban yang benar.
Cara konvensional diatas sering dilakukan pendidik untuk melakukan koreksi soal pilihan ganda dengan satu macam soal. Sementara untuk  macam soal dengan kunci jawaban yang berbeda, tentu akan menyulitkan guru. Pertama harus membuat master lembar jawab koreksi atau plastik transparan sebanyak 20 lembar, kemudian memilah lembar jawab siswa dengan kode paket soal yang sama, baru melakukan koreksi.
Bagi sekolah yang memiliki scanner LJK, tentu bukan masalah yang perlu di khawatirkan. Tetapi sekolah yang belum memiliki fasilitas tersebut, tentu akan banyak menguras waktu, tenaga, pikiran serta keringat para guru, bahkan bisa jadi akan mengorbankan waktu mengajarnya untuk kegiatan koreksi. Untuk itu, kami mencoba membuat sebuah program sederhana berbasis Microsoft Excel 2007 yang sedikit telah dimodifikasi bernama PROKOREK, semoga dapat membantu para guru di Kendal pada khususnya, maupun guru dimanapun berada yang sedang melaksanakan try out dengan 20 paket soal. (link file ada di akhir/bawah tulisan ini).
Pada file tersebut masih terdapat data-data yang dapat anda hapus. Data-data yang ada semata-mata hanya merupakan contoh untuk memberikan gambaran penggunaan file tersebut. Mulailah dengan menghapus dan mengisi kembali data-data dari halaman MUKA, DATA SISWA, KUNCI dan terakhir KOREKSI. Pencetakan dapat dilakukan hanya pada halaman KOREKSI dan halaman REKAPITULASI.
Catatan: Jangan lupa untuk mengeset macro ke Enable pada saat membuka file.
Download: PROKOREK

Semoga Bermanfaat Untuk Sesama. Amin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

MUHAMMAD HURI mengatakan...

TERIMA KASIH, IJIN NYEDOOOOOT

Posting Komentar