SETTING ARABIC DI WINDOWS XP PRAKTIS TANPA CD INSTALLER


SETTING ARABIC DI WINDOWS XP PRAKTIS TANPA CD INSTALLER


Ini dia terobosan baru, mungkin masih banyak yang belum tahu. Selama ini kita install Arabic di Windows XP mesti pakai CD XP Installer. Kalau tidak kita mesti menyimpan file installer XP di komputer atau flasdisk atau perangkat lain agar kita bisa mengarahkan ke folder i386 ketika diminta memasukkan CD XP. 
Lalu bagaimana cara install atau settingnya? Susah nggak? 
Tenang semua bisa melakukannya dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:
1.    Download programnya iComples_3.0.0.exe 5mb.
2.    Install dengan double click file yang anda download, jika ada dialog silahkan pilih Install complex Script. Langkah selanjutnya ikuti saja.
3.  Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas sebenarnya Bahasa Arab sudah terpasang di windows anda. Namun belum bisa dipakai karena keyboard layoutnya belum diatur. untuk mengatur keyboard layoutnya anda bisa setting manual, caranya silahkan klik disini.
4.       Kalau tidak mau setting manual, silahkan download Arabic Keylay 101 Win XP  1 kb. 
5.   Setelah itu tinggal double klik file Arabic Keylay 101 Win XP. Jika ada dialog, konfirmasi dengan klik yes.
6.      Langkah terakhir, log off atau restart komputer anda. 
Sekarang anda bisa melihat ikon bahasa (IN) di pojok kanan bawah dekat jam.
Untuk mencoba praktek menulis bahasa Arab silahkan buka software pengolah kata anda seperti ms. word atau open office atau notepad dll. Selanjutnya silahkan pencet tombol “Ctrl + Shift” di sebelah kanan keyboard anda. Ikon bahasa akan berubah dari “IN” (Indonesia) ke “AR” (Arabic). Jika anda mulai menulis maka otomatis penulisan akan dimulai dari kanan ke kiri. Untuk kembali ke bahasa Indonesia pencet tombol “Ctrl + Shift” di sebelah kiri keyboard anda. Penulisan akan otomatis dimulai dari kiri.
Untuk menulis bahasa Arab anda juga bisa klik ikon bahasa “IN” (Indonesia)  kemudian memilih “AR” (Arabic). Lakukan hal serupa untuk kembali ke bahasa Indonesia.
Semoga Bermanfaat


By. Kang Ilham


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar